Kd 3.4 menerapkan prosedur pengoperasian aplikasi multimedia
interaktif berbasis web dan media interaktif
Kd 4.4 mengoperasikan aplikasi multimedia bebasis web dan
media interaktif
Materi pokok
A.
Prosedur perancangan interface
Tujuan dari perancangan user interface
adalah merancang interface efektif untuk sistem perangkat lunak. Efektif
artinya siap digunakan , dan hasilnya sesuai dengan kebutuhan end usernya.
a.
Perancangan tombol
Jenis-jenis tombol yang dirancang ser interface diantaranya adalah sebgai
berikut:
1)
Pushbutton (tombol tekan)
Beberapa pushbutton antara lain sebagai berikut.
a)
Spin box
Spin box digunakan untuk menampilkan nilai suatu peubah saat itu, dan
nilai peubah tersebut selanjutnya akan berkurang jika end user menekan tombol
dengan anak panah kebawah atau bertambah jika end user menekan tombol anak
panah keatas.
b)
List box
Digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan sekaligus pada laya tampilan.
Dalam hal ini, sebuah list box terdiri dari bagian yang digunakan untuk
menampilkan pilihan yang tersedia.
c)
Combo box
Terdapat perbedaan mendasar antara combo box dan list box, diantaranya
semua pilihan atau sebgian pada listbox
yang tersedia langsung terlihat, sedangkan pada combo box pilihan
tersebut tidak akan terlihat sebelum end user menekan tombol control yang
dimaksud.
2)
Label box
Penggunaan label box hanya memberikan komentar atau memberi nama pada
komponen antar muka grafis yang dapat ditulis dengan posisi secara rapi kiri,
tengah, kanan dan kanan kiri.
3)
Radio button
Terdiri dari 2 bagian yaitu bagian pengendali dalam bentuk lingkaran
kecil dan label untuk menunjukkan atribut.
4)
Scroll button
Pada dasarnya scroll button sebgai sebuah piranti yang digunakan untuk
menggulung atau menggeser layar guna memperlihatkan bagian lain dari tampilan yang
semula tidak terlihat, sekaligus menghilangkan ataupun menyembunyikan
bagian-bagian yang semula terlihat.
b.
Perancangan interface
Berbagai tahap atau proses secara independent dalam tahapan perancangan
antarmuka dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), sistem
operasi dan peralatan yang digunakan sangat berpengaruh dalam merancang dan
mengembangkat produk user interface. Tahap-tahap dalam merancang interface
adalah sebagai berikut;
1)
Tahap analisa informasi
Sebelum melakukan perancngan harus mengetahui berbgaai jenis masalah yang
ingin diselesaikan dan berbagai prosedur dalam melakukan pekerjaan yang
bersangkutan. Proses perancangan interface diawali dari memahami kebutuhan end
user. Pengumpulan dan penganalisaan aktivitas-aktivitas dalam menganalisa
informasi diawali dengan menentukan profil end user, melkaukan analisa terhadap
task-task end user, mengumpulkan kebutuhan-kebutuhan end user, menganalisa end
user environment, dan mencocokan kebutuhan tersebut dengan task.
2)
Langkahlangkah tahap dalam perancangan interface
adalah sebgai berikut.
a)
Menjelaskan kegunaan dan tujuan dari interface.
b)
Menetapkan icon objek, views dan representasi
visual secara mendetail.
c)
Merancang objek dan jendela menu secara cepat.
d)
Memperbaiki rancangan visual yang akan ditampilkan.
3)
Tahap pengembangan antarmuka
Prototyping (desain awal) identic dengan prosedur-prosedur dalam membuat
rancangan awal dan membuat demonstrasi produk serta pengujian fungsi interface.
Tujuan dalam membuat prototyping adalah mempercepat dan memudahkan dalam
memvusualisasikan desain alternative dan konsep, bukan sekedar untuk membangun
kode tertentuyang akan digunakan sebagai bagian dari produk.
4)
Tahap validasi
Tahp ini lebih mengarah pada evaluasi sebagi komponen pokok dari proses
pengembangan yang telah dilakukan sebelumnya, sekaligus mengetahui tanggapan
end user terhadap antarmuka yang telah dibuat,
B.
Prosedur pengoperasian aplikasi multimedia
interaktif
1.
Persiapan mengoperasikan aplikasi
a.
Kenutuhan sistem
Sebgai contoh adobe aplikasi flash dengan spesifikasi sebagai berikut:
no
|
kebutuhan
|
Spesifikasi
|
1
|
Sistem operasi pendukung
|
Linux, MacOs x, ms.windows, Netbook
edition, solaris, symbian, windows mobile
|
2
|
Persyaratan hardware
|
Seperangkat PC/laptop prosesor intel
Pentium 4 3.2GHz, monitor dengan resolusi 1025x768 px, 2Gb RAM atau lebih
tinggi, 1Gb Ethernet card 64bit, HD 200Gb, DVD rom drive
|
3
|
Aplikasi pendukung
|
Quick time 7.6.6 software, directX 9,
Java Runtime Environment 1.6 (include)
|
b.
Tahap instalasi aplikasi
2.
Fungsi-fungsi tools aplikasi
a.
Welcome screen
Terdapat empat perintah pada welcome screen
No
|
Perintah
|
Fungsi
|
1
|
Create from template
|
Untuk membuka lembar kerja dengan
emplate yang tesedia dalam program Adobe Flash Cs6
|
2
|
Open a recent file
|
Untuk membuka kembali file yang pernah
anda simpan atau pernah anda buka sebelumnya.
|
3
|
Create new
|
Untuk membuka lembar kerja baru dengan
beberapa pilihan script yang tersedia
|
4
|
Learn
|
Untuk membuka jendela help yang
berguna untuk mempelajari suatu perintah
|
b.
Workspace (paste board)
Merupakan bidang yang berwarna abu-abu dilayar kerja yang dapat
dimanfaatkan untuk proses pembuatan gambar ataupun teks yang akan dipergunakan
untuk bahan animasi.
Beberapa komponen pada jendela utama (main windows) adobe flash cs6
diantaranya sebagai berikut:
1)
Menu bar
Menu bar identic dengan baris menu yang terdiri dari 11 elemen sub menu
dan setiap submenu memiliki perintah dibawahnya.
2)
Time line
Identic dengan panel untuk menentukan jumlah layer, durasi animasi,
frame, penempatan script beberapa keperluan animais lainnya.
3)
Panel overview
Digunakan untuk mengubah layout area kerja agar dapat disesuaikan
berdasarkan kebutuhan dan objek yang
akan dibuat.
4)
Color panel
Digunakan untuk memberi warna pada objek dan mengatur komposisi warna
pada objek yang akan dibuat.
5)
Property inspector
Properties panel dapat menampilkan informasi dengan ukuran dan posisi
objekyang sedang dipilih
6)
Toolbox
Banyak digunakan untuk membuat dan memilih isi didalam timeline dan
stage.
7)
Stage
Lembar kerja yang digunakan untuk mendesain objek yang akan dianimasikan.
Jenis-jenis objek dalam stage antara lain sebagai berikut;
a)
Scene untuk menunjukan scene yang aktif
b)
Tanda panah digunakan untk berpindah dari lembar
kerja symbol ke lembar kerja utama
c)
Edit scene digunakan untuk memilih nama scene
yang akan diedit
d)
Edit symbols digunakan untuk memilih nama symbol
yang akan di edit
e)
Zoom digunakan untuk mengatur besarnya tampilan
stage atau lembar kerja
f)
Scrollbar digunakan untuk menggulung lembar
kerja secara horizontal dan vertical.
0 komentar:
Posting Komentar