a. Terminologi Multimedia
Secara umum, kata multimedia berasal dari dua kata dalam bahasa Latin, yaitu multi dan medium. Multi memiliki arti bermacam-macam/banyak, sedangkan medium memiliki arti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Sedangkan secara terminologi (menurut istilah) multimedia bisa diterjemahkan sebagai pengpenggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa atau menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video, dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut. Beberapa ahli yang memberikan pengertian multimedia antara lain sebagai berikut.
1) Heinich, Russel, Molenda, dan Smaldino
Mereka bertiga menyatakan bahwa definisi multimedia lebih merujuk kepada bermacam gabungan dari dua atau lebih susunan media yang ada di dalam bentuk informasi atau program.
2) Hofstetter
Hofstetter menyatakan bahwa dalam konteks komputer, multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool sehingga end-user dapat berinteraksi, berkreasi,dan berkomunikasi.
3) McComik
McComik menyatakan bahwa multimedia identik dengan kombinasi dari tiga elemen yaitu suara, gambar dan teks.
4) Rada
Rada menyatakan bahwa multimedia lebih mengacu kepada gabungan berbagai media yang ada.
5) Rosch
Rosch menyatakan bahwa multimedia identik dengan kombinasi dari komputer dan video.
6) Turban dan kawan-kawan
Turban menyatakan bahwa multimedia sebagai kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output.
7) Vaughan
Vaughan menyatakan bahwa multimedia identik dengan suatu gabungan dari suara, teks, gambar, animasi, dan juga video yang diberikan dengan memakai barang elektronik seperti komputer dan lain-lain.
b. Klasifikasi Multimedia
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat mendorong berbagai perubahan di segala aspek kehidupan. Oleh sebab itu, terjadi pergeseran paradigya di mana perkembangan pesat pada bidang TIK dapat menampilkan data dan mentransfer informasi dengan kecepatan tinggi sehingga menyebabkan ilmu pengetahuan dapat diakses secara cepat oleh pengguna akhir (end-user).
1) Menurut Jenisnya
Secara umum, multimedia dikategorikan menjadi multimedia linear dan multimedia interrktif.
a) Multimedia Linear
Multimedia linear bisa diterjemahkan sebagai multimedia yang berjalan tanpa menggunakan suatu alat yang dapat dikontrol secara mandiri oleh pemakai, misalnya TV dan film.
b) Multimedia Interaktif
Multimedia jenis ini memiliki sebuah alat yang digunakan untuk mengontrol dan dapat digunakkan oleh end-user yang bersangkutan sehingga membuat
end-user tersebut bisa memilih tujuannya.
Multimedia interaktif sendiri dikategorikan sebagai berikut.
(1) Hierarchyyal
Dikategorikan sebagai hierarchyal, jika end-user memiliki pilihan terhadap topik yang bisa menjadi sub topik.
(2) Non-linear
Dikategorikan sebagai non-linear, jika end-user bebas melakukan pergerakan untuk bisa melihat isi materi dengan cara berkomunikasi melalui perangkat tersebut.
a) Multimedia Communication
Jenis-jenis multimedia ini banyak digunakan di antaranya cetak, ICT (internet), entertainment (hiburan), film, game, musik, radio, tutorial (panduan belajar). Dan TV.
b) Multimedia Contet Production
Penggunaan beberapa komponen teknologi dalam ruang lingkup multimedia content production yang berbeda dapat menggabungkan berbagai media dengan metode baru dalam komunikasi. Dalam hal ini, penggunaan dan pemprosesan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia, misalnya musik, video, animasik, graph/image,interactivity, dan special effect.
a) Multimedia Online
Media jenis ini masuk ke dalam kategori lini atas dengan komunitas sasaran yang luas. Karakteristik dari multimedia online adalah metode penyampaiannya menggunakan media-media tertentu melalui jalur, kawat.saluran, atau pun jaringan tertentu, misalnya pada YM!, mIRC atau yang sejenisnya.
b) Multimedia Offline
Metode jenis ini masuk ke dalam kategori lini bawah dengan target atau sasaran terbatas, tidak terlalu luas, dan mencakup pada sebuah komunitas di wilayah tertentu. Karsktreristik dari multimedia offline adalah metode penyampaiannya tanpa melalui jalur, kawat, saluran, ataupun jaringan tertentu.Misalnya penggunaan CD interaktif yang berisi materi-materi pembelajaran pada bidang studi tertentu dan company profile pada sebuah perusahaan.
Manfaat multimedia interaktifManfaat Multimedia Interaktif dalam bidang Pendidikan / Khususnya Pembelajaran
§ Proses pembelajaran lebih menarik,
§ lebih interaktif,
§ jumlah waktu mengajar dapat dikurangi,
§ kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan
proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja, serta sikap
belajar siswa dapat ditingkatkan.
Sedangkan keunggulan
multimedia dalam hal pembelajaran antara lain sebagai berikut :
§ Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak
tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron, dan lain-lain.
§ Memperkecil benda yang sangat besar, yang
tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gajah, rumah, gunung dan
lain-lain.
§ Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks,
rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia,
bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan
lain-lain.
§ Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh,
seperti bulan, bintang, salju dan lain-lain.
§ Menyajikan benda atau peristiwa yang
berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun dan lain-lain.
§ Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
Secara umum manfaat
Multimedia Interaktif dapat dijadikan media :
§ Promosi (Company Profile,Iklan)
§ Tutorial (Panduan penggunaan alat)
§ Hiburan (Game)
§ dll
0 komentar:
Posting Komentar